Biografi Raden Dewi Sartika

Wanita ini diakui sebagai Pahlawan Nasional oleh Pemerintah Negara Indonesia karena jasa - jasanya di bidang pendidikan. Beliau merintis pendidikan bagi kaum perempuan sama seperti Kartini. Raden Dewi Sartika lahir pada tanggal 4 Desember 1884 di Bandung – meninggal di Tasikmalaya, 11 September 1947 dengan tutup usia 62 tahun.

Dewi Sartika dilahirkan dari keluarga Priyayi Sunda, Ibunya benama Nyi Raden Rajapermas dan Ayahnya seorang pejuang bernama Raden Somanagara. Dewi sendiri mengikuti jejak ayahnya yang berjuang untuk negara Indonesia ini. Namun ayahnya ditangkap dan dibuang oleh pemerintah Hindia Belanda ke Pulau Ternate, dan disana ayahnya meninggal. 

Raden Dewi Sartika
Karena kejadian tersebut akhirnya Dewi dibawa oleh pamannya Bupati Martanagara dan dididik di rumah pamannya yang saat itu menjabat sebagai Patih di Cicalengka. Dia dibimbing oleh pamannya, pamannya mengajarkan banyak hal tentang kesundaan, juga hal - hal mengenai kebudayaan barat.

Adat yang mengekang kaum wanita waktu itu membuat pamannya mengalami kesulitan untuk mengajar Dewi.
Namun Dewi Sartika merupakan seorang anak yang memiliki semangat yang tinggi dan semangat yang penuh dengan kegigihan. Dengan bermodalkan semangat ini dia sering bermain di belakang gedung kepatihan dan sering memperagakan praktik di sekolah, mengajari baca - tulis dan bahasa belanda, kepada anak-anak pembantu di kepatihan tersebut. Papan bilik kandang kredta, arang dan pecahan genting dijadikannya sebagai alat bantu untuk mengajar anak-anak itu.

Hingga akhirnya berkat kegigihannya Dewi Sartika bisa meyakinkan pamannya untuk mendirikan sekolah untuk perempuan.

Tahun 1906, Dewi Sartika menikah dengan Raden Kanduruan Agah Suriawinata, beliau mempunyai visi dan cita-cita yang sama dengan Dewi Sartika, guru di sekolah Karang Pamjulang, yang waktu itu merupakan sekolah Latihan Guru.

Dewi Sartika berjuang mulai dari tahun 1902, dengan merintis pendidikan bagi kaum perempuan. Di sebuah ruangan kecil, di belakang rumah ibunya di Bandung, Dewi Sartika mengajar di hadapan anggota keluarganya yang perempuan. Merenda, memasak, jahit-menjahit, membaca, menulis dan sebagainya, menjadi materi pelajaran saat itu.

Setahun kemudian, 1905, sekolahnya menambah kelas, sehingga kemudian pindah ke Jalan Ciguriang, Kebon Cau. Lokasi baru ini dibeli Dewi Sartika dengan uang tabungan pribadinya, serta bantuan dana pribadi dari Bupati Bandung. Lulusan pertama keluar pada tahun 1909, membuktikan kepada bangsa kita bahwa perempuan memiliki kemampuan yang tak ada bedanya dengan laki-laki. Tahun 1910, menggunakan hartanya pribadi, sekolahnya diperbaiki lagi sehingga bisa lebih mememenuhi syarat kelengkapan sekolah formal.

Pada tahun-tahun berikutnya di beberapa wilayah Pasundan bermunculan beberapa Sakola Istri, terutama yang dikelola oleh perempuan-perempuan Sunda yang memiliki cita-cita yang sama dengan Dewi Sartika. Pada tahun 1912 sudah berdiri sembilan Sakola Istri di kota-kota kabupaten (setengah dari seluruh kota kabupaten se-Pasundan). Memasuki usia ke-sepuluh, tahun 1914, nama sekolahnya diganti menjadi Sakola Kautamaan Istri (Sekolah Keutamaan Perempuan). Kota-kota kabupaten wilayah Pasundan yang belum memiliki Sakola Kautamaan Istri tinggal tiga/empat, semangat ini menyeberang ke Bukittinggi, di mana Sakola Kautamaan Istri didirikan oleh Encik Rama Saleh.

Seluruh wilayah Pasundan lengkap memiliki Sakola Kautamaan Istri di tiap kota kabupatennya pada tahun 1920, ditambah beberapa yang berdiri di kota kewedanaan. Bulan September 1929, Dewi Sartika mengadakan peringatan pendirian sekolahnya yang telah berumur 25 tahun, yang kemudian berganti nama menjadi "Sakola Raden Déwi". Atas jasanya dalam bidang ini, Dewi Sartika dianugerahi bintang jasa oleh pemerintah Hindia-Belanda.

Demikian besarnya perjuangan Dewi Sartika untuk wanita Indonesia. Perjuangan yang dimulainya tidak ada habisnya hingga sekarang. Dewi Sartika meninggal 11 September 1947 di Tasikmalaya, dan dimakamkan dengan suatu upacara pemakaman sederhana di pemakaman Cigagadon-Desa Rahayu Kecamatan Cineam. Tiga tahun kemudian dimakamkan kembali di kompleks Pemakaman Bupati Bandung di Jalan Karang Anyar, Bandung.

Dewi sartika berjuang untuk Indonesia, perjuangan melawan kebodohan, perjuangan melawan kebutaan, demikian dia lakukan untuk Wanita Indonesia khususnya. Terimakasih Ibu Dewi Sartika atas perjuanganmu untuk bangsa kami ini.

Dewi Sartika bersama murid-muridnya



Sebuah kata buat pacar saat berduaan

Wanita merupakan mahluk ciptaan Tuhan yang paling indah di dunia ini. Tuhan menciptakan dia untuk memperindah dunia, sebagai penolong bagi pria dan sebagai Ibu bagi anak - anak nya yang memiliki kasih yang luas yakni kasih seorang Ibu.

Nah jika seorang pria dan wanita sedang berduaan maka sangatlah istimewa dan indah suasana itu, sepasang mahluk ciptaan Tuhan sedang berbagi kasih dan saling membangun kasih. Keduanya bermesraan saling mengungkapkan isi hatinya masing - masing. 

Wanita adalah mahluk perasa, sentuhlah dia tepat di hatinya, maka dia pun akan hadir dalam hidup si pria, untuk itu wanita butuh kata - kata, wanita pengen dimanja, wanita pengen dirayu, wanita juga pengen disayang. Katakan dan berikan lah dia sebuah kata-kata pujian, dan kata-kata sayang maka diapun akan merasa bahagia dan tersanjung Katakan "I LOVE U"dengan tulus, karena kata-kata pujian yang tulus melebihi hadiah. Itulah wanita.


Contoh kata - kata di atas ini merupakan kata - kata buat nyindir, tapi kocak caranya yah wakakaa.... Tapi kalau seperti ini anda tidak perlu harus mengeluarkan kata - kata ini kalau belum mendapatkan wanita idaman anda. Jangan Panik kawan... baca nih cara mengatasi kepanikan khususnya pada wanita.


Jenis surprise ulang tahun pacar wanita mu

Wanita mana sih yang gak senang dapat surprise di hari spesial dalam hidupnya seperti di hari ulang tahunnya. Bahkan pria juga serupa. 

Mungkin sebentar lagi pacar kamu akan ulang tahun, maka sebaiknya mulai dari sekarang kamu sudah bisa mempersiapkan kira-kira kejutan apa yah yang bisa kamu persiapkan di hari spesialnya nanti ?, simak tips2 nya berikut ini :


Jenis surprise untuk wanita idaman anda di saat ulang tahunnya : 

1. Kasih dia Kue Tar saat tengah pergantian hari

Pukul 12 malam kamu sudah bisa standby di depan rumah nya menyiapkan kue ulang tahun. Pegang kue ulangtahun nya dan ketok pintu nya saat dia tengah mau tidur. Dia akan merasa surprise ketika kamu membawakan kue tar di malam hari saat semua orang sudah mau tidur. Dia akan berpikiran bahwa kamu sangat perhatian sekali kepadanya. 

2. Berikan lah kue atau kejutan di kantornya di depan teman - teman sekantor nya 

Wah hal ini kalo lo berani ngelakuin, acung jempol dah tuh cewek, karena keberanian mu. Memberikan surprise di depan teman - teman nya akan membuat dia bangga dan terharu dan terkejut, saking senangnya siap2 aja dapat pelukan cinta hehehe.... 

3. Tanyakan jauh - jauh hari kira-kira dia lagi pengen memiliki apa (#konteksnya barang yah, bisa tas, jam tangan, ato apapun itu ) 

Setelah kamu tahu dia sedang ngidam sesuatu, nah di hari ulang tahun nya aldalah momen yang tepat sekali untuk membelikan dia barang yang diidamkannya itu dan memberikannya dalam bentuk kado. Dia akan senang sekali saat membuka bungkus kadonya yang isinya adalah barang yang dia sedang idam2kan....siap2 lagi dapat pelukan hangat hehehe....

Nah, ketiga tips diatas semoga bisa bermanfaat yah kawan, berikan lah kejutan saat si wanita ulang tahun, maka dia akan semakin sayang kepadamu. Baca juga 4 tipe pria yang dihindari wanita.




Tips merawat wajah wanita yang berminyak dan berjerawat

Tips kali ini adalah tips untuk wanita yang memiliki wajah yang berminyak dan berjerawat, tips ini sangat baik untuk digunakan.

Wajah wanita yang cantik adalah wajah yang menjadi idaman oleh setiap wanita, dan menjadi kebanggaan pria jika memiliki wanita dengan wajah yang cantik dan mempesona. Si pria pasti akan terpesona dan terpikat oleh kecantikan wajah yang dimiliki oleh sang wanita. Namun jika wajah yang cantik itu kemudian ditumbuhi jerawat maka akan sangat gusarlah si wanita, maka dengan berbagai cara dia kan mencari jalan untuk menyembuhkan jerawat nya itu. Nah berikut ini tips alami dalam merawat wajah wanita berjerawat :

Cara yang pertama :
Gunakan irisan tomat/ketimun dan kemudian tempelkan di wajah untuk menyerap setiap kotoran yang ada di wajah
Atau gunakan perasan timun, dengan cara memblender dan menyaring hasil blenderannya dengan kain putih, kemudian hasil perasan nya dioleskan ke wajah dengan bantuan kapas hingga merata, jika ingin hasil yang lebih baik sebaiknya campurkan madu atau minyak jaitun .

Cara yang kedua :
Gunakan bedak dingin untuk menjaga wajah tetap lembuh dan terhindar dari sengatan matahari maupun terhindar dari jerawat.



4 tipe pria yang harus dihindari dalam hubungan cinta

4 tipe pria yang harus dihindari dalam hubungan cinta Akan menghemat waktu dan sakit hati dari seorang wanita dengan menghindari jenis pria yang membuat akan membuat dia kecewa. 

Sekalipun tidak ada garansi mengenai itu, namun wanita perlu mengetahui tipe pria yang mungkin nantinya akan membuat si wanita kecewa. Wanita juga perlu mengetahui tips menarik perhatian dari si pria.

Wanita terkadang masuk dalam hubungan dengan pria yang bertipe sama dan mengharapkan hasil yang berbeda, hal ini susah dapat hasil yang berbeda. Nah idwanita kali ini akan memberikan tips mengenai tipe pria untuk dihindari oleh para wanita supaya anda mendapatkan hubungan yang baik dengan pria yang tepat bagi masa depan hubungan kalian.

Yang Pertama tipe pria Mr.Unreliable (Tidak dapat dipercaya)


Tindakan berbicara lebih keras daripada kata-kata. Sang pria berbicara hal-hal yang manis padamu, namun ketika kamu membutuhkannya dia malah tidak ada, dan tidak sesuai dengan apa yang dikatakannya. Contoh nya dia sering telat, kalo kamu nungguin dia pasti deh lamanya minta ampun. Nah jenis pria seperti ini tidak akan mengembangkan masa depan percintaan anda, jadi segeralah pikirkan untuk meninggalkan dia, sebelum dia yang meninggalkan kamu. #Note : Hal ini tidak berlaku untuk semua jenis hubungan.

Yang ke 2 si Mr. Competitor


Pacar yang baik seharusnya bangga dengan prestasi yang kamu capai, dan tidak merasa terancam dengan itu. (#banyak pria yang terancam dengan wanita yg lebih tinggi prestasinya dari mereka). Namun jika si pria tidak menyukai prestasi anda yang lebih tinggi dari dia, pekerjaan anda, pendapatan/penghasilan mu, atau hal - hal lain yang penting bagimu, segeralah untuk memutuskan sampai disini sebelum kamu mulai percaya retorika yang diciptakannya.

Yang ke 3 si Mr. Self- Center


Jika dalam sebuah hubungan semua berbicara tentang memberi dan menerima. Ada jenis pria yang bersemboyan "menerima saja" dan tidak pengen untuk memberi. Setiap percakapan semua berbicara tentang dirinya sendir saja, jika dia ngomong nih kata-kata yang keluar hanya "I", "saya", "aku", maka sebaiknya wanita mempertimbangkan hubungan dengan pria ini. Rasanya susah untuk meninggalkan hubungan tersebut,namun dia akan mengambil semua energi mu dan tanpa ada timbal balik yang bisa dia berikan. Menurut idwanita hal ini tidaklah sehat.

ke 4 adalah si Mr. Controller (Pengendali)


Kecemburuan akan mengakibatkan perilaku yang tidak sehat. Memang dalam semua hubungan pasti ada rasa cemburuan bener kan...namun tipe pria yang seperti ini akan menjadikan ini alasan untuk mengendalikan hidup sang wanita, dia akan menanyakan mu dengan pertanyaan - pertanyaan yang tidak biasa tentang ngap aja lo ? teman lo tadi disana siapa aja? semuanya itu akan dia tanyakan hingga dia akan berusaha untuk membuatmu putus hubungan dengan siapapun yang ada dihidupmu. Sifat dia yang seperti ini akan susah dihilangkan dan itu datang dari dalam dirinya. Jagalah orang - orang yang selalu mendukungmu dan tinggalkan orang - orang yang memakaimu supaya mereka merasa tenang sendiri.

Nah ke 4 tipe pria diatas bisa anda jadikan sebagai pedoman untuk memulai dan mengembangkan sebuah hubungan. Milikilah hubungan yang sehat, buat lah pacarmu merasa special, maka kamu juga akan menjadi wanita special bagi dia. Baca cara membuat si dia merasa special.


Miliki Cinta sejati dengan pasanganmu, buat si dia merasa spesial

Memiliki hubungan yang bahagia dengan pasanganmu adalah hal yang sangat penting. 

Pertemanan antara pria dan wanita seharusnya jauh lebih dari best friends. Sangatlah penting untuk memiliki koneksi yang kuat diantara keduanya. Selain hubungan yang intim, kamu juga seharusnya mengikat hubungan mu dengan nilai - nilai intelektual dan spiritual. Ada banyak jalan untuk menjalin hubungan kebersamaan mu dengan si dia.

Jika kamu tidak jujur dengan dirimu sendiri dengan perasaanmu sendiri dan dengan si dia maka itu akan membuat dia kebingungan padamu. Memberikan dia tempat merupakan hal yang sangat penting. Satu jalan yang bagus untuk membicarakan hal penting diantara kalian berdua adalah dengan memberikan waktu kepada dia untuk saling membicarakannya.

Memang agak sedikit sulit untuk konek dengan si dia ketika hubungan kalian dimulai dari teman awalnya. Tidak ada lagi yang bisa disembunyikan. Namun akan ada romantisme alami pada pasangan yang dimulai dari pertemanan, karena pasti sudah tau warna favoritnya, makanan kesukaannya, dan hal - hal yang ia tidak suka tidak anda jadikan lagi sebagai kejutan kan yah...cie romantis nih....yg tadinya temanan doank :)

Pria sangat senang jika wanita memiliki ketertarikan yang sama dengan dia.  Bukan kriminal lah kalo nonton olahraga dengan si dia hehehe.... Wanita seharusnya menganggap sepakbola itu penting dan menarik, karena ini akan membuat si pria senang karena kamu menikmati rekreasi yang dia sukai. Sangatlah cerdas untuk mengetahui gombalan lama yang mengatakan senyuman mu membuat aku tersenyum juga #yeahhh... Itu adalah salah satu cara wanita untuk memperlakukan si pria

Komunikasi merupakan faktor yang sangat penting dalam membangun dan memiliki partner. Memiliki kemampuan untuk berbicara dengan parnermu tentang hal-hal yang kamu biasanya tak ingin membicarakan dengan siapapun merupakan hal yang sangat istimewa dalam sebuah hubungan. Sulit untuk membayangkan pulang ke rumah bertemu dengan seseorang yang saya tidak bisa berkomunikasi dengannya.

Dengan membuat dia nyaman berkomunikasi dengan mu maka ini merupakan hal yang sangat membuat dia merasa special. Baca juga 3 Tips untuk menarik perhatian dari seorang pria


3 Tips untuk menarik perhatian pria

Tidak terlalu sulit untuk seorang wanita dalam mendapatkan perhatian dari seorang laki-laki. 

Wanita seharusnya mengetahui nya karena mereka sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mendapatkan perhatian pria. Nah Idwanita akan memberikan 3 tips yang bisa membantu para wanita untuk mendapatkan perhatian dari pria yang disukainya.

Beriku ini 3 tips yang akan membantu wanita dalam memulai mendapatkan perhatian laki - laki idaman nya :

1. Senyuman akan selalu membukakan pintu perhatian kepadamu.

Banyak laki - laki kesulitan untuk menahan godaan dari seorang wanita yang tersenyum kepadanya. Jadi latihlah untuk senyum jika ingin mendapatkan perhatiannya. Orang yang bahagia akan lebih seru dan lebih enak ditemani dan wanita pasti ingin dicap sebagai wanita yang happy dan asik. Hal ini merupakan hal kecil yang bisa dilakukan oleh seorang wanita untuk mendapatkan  perhatian laki - laki.

2. Pergilah ke tempat dimana pria kesukaanmu itu biasanya nongkrong/Hang out

Merupakan ide yang sangat baik untuk mulai berpikir dimana sih pria kesukaan mu itu berada. Maka akan lebih baik anda pergi ke tempat dimana pria idaman mu itu berada dibanding jika pergi ke tempat banyak pria namun bukan pria idaman mu. Pergilah ke tempat mereka berada dan mulailah mengelilingi dirimu dengan lingkungan pria idaman mu itu.

Man Attention
3. Jangan takut untuk memulai percakapan

Jika ingin menarik perhatian pria, tidak masalah jika kamu memulai pembicaraan dengan mereka. Ada beberapa pria yang sulit untuk memulai pembicaraan dengan seorang wanita,nah jika kamu orang yang memulai pembicaraan dengan pria seperti ini maka kamu akan mendapatkan perhatiannya. Mulailah percakapan sederhana dengan mereka, dan nikmati percakapan tersebut dengan positif.

Untuk lebih asik lagi belajar relationship dengan pria, silakan baca Bagaimana wanita kristiani memperlakukan teman kencan nya?


Bagaimana wanita kristen memperlakukan pria saat sedang berkencan ?

Wanita merupakan pihak yang merupakan sisi penting dalam hubungannya dengan pria. 

Nah kali ini idwanita akan membahas gimana sih wanita kristen (#bukan bermaksud sara) memperlakukan cowoknya saat mereka sedang berkencan ?

Yang pertama sekali, Biasanya wanita kristen itu lebih sering jujur dan memberikan yang terbaik dari apa yang mereka bisa lakukan. Mereka cenderung akan menyatakan apa yang menjadi perasaan mereka secara jujur tanpa takut menyatakannya kepada siapapun. Hal ini merupakan kualitas penting yang perlu dimiliki oleh wanita single lainnya.

Karakter selanjutnya yang bisa dilihat diantara wanita kristiani saat mereka sedang berpacaran adalah loyalitas. Wanita kristiani lebih kuat dan lebih setia terhadap pria nya dan tidak akan meninggalkan nya. 

Karakter berikutnya adalah mereka lebih positif terhadap dirinya sendiri dan dengan mudah bisa melewati nilai - nilai positif bersama dengan teman pria nya. Mereka ini memiliki kepercayaan diri bahwa mereka dipimpin oleh Tuhan dalam segala hal.

Wanita kristiani menyebar sikap positifnya ke semua orang demikian juga kepada teman prianya, inilah yang merupakan bagian yang menarik dari seorang wanita kristiani.

Semua karakter diatas ini lah yang menjadi alasan mengapa wanita kristen yang begitu menarik. Mereka akan memperlakukan laki-laki mereka dengan sebaik-baiknya dan dengan hanya perasaan yang benar dan yang didukung nilai-nilai kristiani.